12:15:00 am
20













Posting kali ini saya akan membahas mengenai penggunaan baterai yang baik dan benar sehingga meminimalisir kemungkinan baterai ngedrop ataupun rusak.

Oke kali ini saya gak mau panjang lebar membahas apa sih pentingnya beterai, karena saya setuju bahwa anda semua sudah memahami apa itu baterai dan seperti apa bentuknya serta untuk apa fungsinya :D

Berikut "Tips Meminimalisir Kerusakan Pada Baterai" versi AZIZ TEKNIK :D

Ada beberapa faktor yang menyebabkan baterai ngedrop ataupun rusak:

Biasanya vendor baterai memberikan keterangan untuk beberapa kali masa charging, dengan batas ribuan kali pengisian maka baterai akan melemah , untuk yang satu ini merupakan suatu kewajaran. Nah disini saya akan jelaskan perlakuan-perlakuan fatal yang sering dilakukan orang dalam hal melakukan charg pada perangkat-perangkat yang difasilitasi baterai seperti HP, laptop dan lain sebagainya...

1. Melakukan pengisian yang tidak teratur

Terkadang dengan kecerobohan kita entah karena faktor ketidaktahuan ataupun karena faktor kepepet baterai yang masih terisi separuhnya ataupun tinggal sedikit lagi (dalam artian belum benar-benar habis) sudah di cas lagi, ataupun baterai yang sudah penuh dicas karena lupa ataupun ketiduran sampe-sampe dia lupa untuk nyabut casan sampai melewati batas pengisian yang sudah ditentukan, ini yang membuat baterai melembung. Baterai yang masih terisi separuhnya ataupun masih ada sisa sedikit jangan kemudian senaknya dicas karena akan mengakibatkan deep charging pada baterai, dengan artian baterai akan mengisi dengan batas separuh dari sebagian yang sebelumnya sudah terisi, misalnya baterai sebelumnya memiliki kemampuan mengisi hingga 100%, pada saat tinggal 20% dalam kondisi baterai belum benar-benar 0% sudah diisi lagi, nah lama kelamaan baterai dengan sendirinya akan mengisi 80% saja, karena yang 20% sudah mati cell-nya ataupun rusak konstruksi bagian dalam si baterai, akhirnya masa hidup baterai akan semakin sedikit, yang seharusnya bisa bertahan 2 jam menjadi 1 jam saja, nah itu kalo 20% yang mati cell-nya, kalo cell yang mati sekitar 50% atau 60% berarti masa hidup dari si batre akan semakin sedikit, yah mungkin saja cuma setengah jam bahkan baru sepuluh menit sudah minta di cas lagi :)

2. Melakuakan kekeliruan saat menghubungkan antara casan, perangkat dan stop kontak

Banyak yang tidak memahami betapa pentingnya prosedur pengkoneksian antara perangkat dengan sumber daya listrik, memang sih di buku manual tidak dijelaskan, tapi disini saya akan berbagi pengetahuan :D
Pada saat kita ingin melakukan pengecasan pada baterai HP ataupun laptop ataupun apalah pokoknya semua perangkat yang dilengkapi dengan fasilitas baterai terkadang orang menghubungkan casan terlebih dahulu ke HP kemudian baru dihubungkan ke stop kontak atau sumber daya listrik, padahal itu sangat tidak dianjurkan, termasuk sayapun melarang keras. Karena pada saat casan dihubungkan ke sumber daya akan ada tegangan kejut dan peluahan arus yang besar pada casan atau bisa dinamakan inrush current meskipun sudah dipasang pembatas arus dan tegangan pada rangkaian charger baterai kemungkinan itu akan tetap terjadi, bayangkan jika arus yang besar itu masuk ke dalam baterai (silahkan dibayangkan), maka lama kelamaan akan terjadi kerusakan pada baterai. Lakukanlah pengecasan dengan cara menghubungkan charger dengan stop kontak atau sumber daya listrik terlebih dahulu hingga beberapa detik agar tegangan kejut maupun inrush current sampai benar-benar stedy state atau dalam masa keadaan tunak baru arus dan tegangan akan stabil kembali, tidak perlu lama-lama cukup 3 detik sampai 5 detik saja baru kemudian hubungkan cahrger baterai pada baterai yang sebelumnya sudah terhubung pada sumber daya listrik. Dengan begitu kita akan meminimalisir kemungkinan baterai ngedrop ataupun rusak.

3. Ngecas dengan casan yang tidak orisinil

Banyak yang menganggap casan orisinil sama dengan yang palsu ataupun KW1 ataipun KW kesekian, yang penting intinya sama-sama bisa ngecas :D, padahal dengan kita ngecas baterai dengan casan yang tidak orisinil maka tegangan dan arus yang masuk ke baterai tidak sesuai dengan yang diharapkan baterai..., contohnya begini, kalo baterai kita membutuhkan tegangan 3.7 sampai 5 Volt DC dan sekian miliampere untuk pengisian, lalu kemudian si casan yang tidak orisinil memberikan tegangan dan ampere melebihi batas yang di sudah ditentukan gimana coba?, okelah mungkin ngecas jadi lebih cepet tapi saya yakin baterai akan lebih cepat panas, misalnya porsi anda makan adalah 1 piring nasi kemudian anda dipaksa untuk makan 5 bahkan 10 piring nasi, silahkan anda bayangkan sendiri hehehe karena saya rasa anda sudah cukup cerdas dalam menanggapi hal ini wkwkkwkwk, jadi seperti itu kurang lebihnya..., dan perlu saya himbau kalau casan yang tidak orisinil tidak seperti casan orisinil yang menempuh masa uji kelayakan dengan perhitungan yang hampir akurat, sedangkan yang tidak orisinil sangat jauh dari akurat, ya harga yang berbicara dan intinya uang itu gak bohong bos hohoho

Mungkin sekian dulu postingan saya kali ini mengenai baterai :D
kalo ada kurang dan kesalahan mohon saran dan kritikannya ya bos, saya bukan orang hebat, saya hanya ingin berusaha menjadi yang terbaik dengan terus mencari tau dari apa yang belum saya ketahui prikitiwwwww, kita sama-sama belajar aja :)

20 komentar:

  1. apakah prosedur pengkoneksian charger ke sumber listrik juga berlaku untuk pengkoneksian notebook ke sumber listrik? Karena, ketika saya menghubungkan notebook (yang baterainya saya lepas) ke sumber listrik, ada semacam percikan api dari stop kontak. Apakah seharusnya saya menancapkan kabel ke stop kontak dulu baru ke notebook, atau sebaliknya (setelah semua kabel terhubung ke notebook baru dikoneksikan ke stop kontak?)Terima Kasih.

    ReplyDelete
  2. Terimakasih Om ,
    Informasinya Ini Penting Banget Loh ..

    Tapi Jika suatu Saat Mau Perjalanan Jauh dan Batre Tinggal Stengah Nah Otomatis Perlu Daya Batre yang Bnayak Untuk Perjalanan Jauh Jadi Pas Batre Tinggal Saproh Saya Paksa Cas , , Tu Gimana ?? Tapi Gag Sering Si ??

    ReplyDelete
  3. @ Jiwa Berkobar: Hehehehe yawdah gak apa2 :D, cuma sebaiknya dihindarkan, karena apapun keburukan jika dilakukan sedikit demi sedikit lama-lama rusak juga hehe, oke makasih ya udah berkunjung :D
    Salam

    ReplyDelete
  4. Untuk mas yang paling atas :), sebaiknya semua masuk ke stop kontak dulu baru ke laptop mas :D

    ReplyDelete
  5. artikelnya sangat berisi gan,,
    sangat membantu.
    mampir jg ke lapak ane. salam kenal

    http://ngoposisi.blogspot.com/

    ReplyDelete
  6. kita juga punya nih artikel mengenai baterai, berikut linknya semoga bermanfaat ya :D
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/1477/1/10407425.pdf

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih masukannya, semoga dpat menjadi referensi bagi saya dan kita semua :))

      Delete
  7. Oke agan Azhari..., siap 86 gan, makasih yak :)

    ReplyDelete
  8. mas, gw kan pke bb ni..kmren bru bli batre double power 2000mah.. trs batre gw hbs ni.. ngecas smbil nyala tp connection off. nahh, sejam kemudian udah penuh aja.. bnyk yg gw bc di forum2 minimal ngecas bb 3jam.. nah klo sblm 3jam udah penuh gmn donk? batre gw bermasalah ato chargernya ni.. thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk baterai tempo doeloe mungkin harus di cas ber jam-jam :-d
      tapi untuk model baterai yang modern hal itu tidak lagi semuanya berlaku gansetau daya, jadi gak perlu lama2 juga ngecasnya :)

      Delete
  9. Selamat Malem Om... Langsung aja ya mohon bantuan pencerahan , sodara saya
    pnya TV samsung 17" gambar hnya ditengah bentuknya segitiga kecil trus
    TV saya buka.. lha dalah mesin nya sudah diganti mesin cina kecil
    gitu...tp sy pikir itu tidak masalah sy coba periksa YOKE ternyata
    banyak yg putus karena jamur, saya coba ganti dengan yoke Ex SONY 20"
    akhirnya gambar bagus tapi kanan kiri atas bawah melengkung kedalam saya
    coba ajust lewat Factory untuk kanan kiri bisa teratasi tapi atas bawah
    kadang2 full tp sering2 mlengkung kedalam lagi....Barang kaliOm Aziz ada punya jurus yg ampuh untuk mengatasi sy siap menerima ilmu...?
    Oh ya elco disekitar Vertikal sudah di babat baru semua tapi ora ngaruh....
    Maturnuwun Om........
    Email: cakihin@gmail.com

    ReplyDelete
  10. Oke lilieg... :)
    Adjus kanan kiri bisa tapi untuk atas bawah gak bisa..., kita ambil logikanya saja ya..., yang anda putar itu mungkin berupa trimpot, nah trimpot itu kan VR atau sama dengan resistor variable, berarti masalahnya ada pada resistor. Saran saya kalo memang adjusternya bisa diganti lebih baik diganti, jika setelah diganti tidak juga ada perubahan cari resistor yang sejalur dengan adjustrnya atau trimpot yang untuk setting atas bawah itu, mungkin itu saja dari saya, kondisinya memang agak sedikit sulit karena saya tidak berhadapan langsung dengan TV nya :), semoga dapat membantu...., Terimakasih telah mengunjungi blog sya :)

    ReplyDelete
  11. Terimakasih responnya om..
    cuma perlu sy sampaikan bhwa saya meng adjust via remote bkn dr Trimpot Om.. tp saran utk mengganti adjuster akan di coba
    matur nuwun

    ReplyDelete
  12. Mas laptop saya gak mau ngecas, tapi lampu tanda ngecas nyala (disebelah lobang cas), namun di monitor laptop icon tanda ngecas tidak terlihat dan klw colokan batree di cabut laptop langsung mati.. itu gimana solusinya gan?
    klw batreenya selama ini gak ada masalah, klw batree penuh bisa tahan 2 - 4 jam laptop nyala..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anda taunya dari mana kalo baterenya bagus, pertanyaanya agak ambigu ni, baterai bagus 2-4 jam bertahan tapi kok bilang baterai gak mau ngecas, saya bingung @-)

      Delete
  13. Maaf nupang tanya gaaannnn...!!!!
    Klo saat ngecahc hp. Kok gak bisa penuh itu.....
    Apa kendalanya faannn...!!!

    ReplyDelete
  14. Maaf gaannnnn....!!!!!!
    Ikut tanya.....???
    Klo ngcas hp.. Kok gak bisa terisi pebuh. Itu penyebabnya apa gannn...???..
    Mohon bantuanta gan.....!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak penugnya dalam artian apa ni gan?, di cas lama-lama tapi gak full-full gitu?, biasanya kalo kendalanya seperti itu nominal arus sudah tidak mencapai ambang normal lagi, coba cas pake charger temen yang satu model, saya juga pernah ngalamin kayak begitu pada saat saya cas ke laptop, kondisi cas yang tidak sesuai dapat mempengaruhi kinerja HP karena rating kebutuhan baterai dan charger harus sesuai, kalo amper kegedean bisa buntung baterainya, kalo arusnya kekecilan bisa-bisa lama penuhnya :), CMIIW (o)

      Delete
  15. om hp android saya bisa ngecas tapi utk nambah 1% baterainya aja lama banget , kemungkinan rusak di baterai atau charger nya? makasih :)

    ReplyDelete
  16. Maaf baru bisa bales komentarnya, saya pernah mengalami hal yang sama, coba diuninstall dlu aplikasi yang sudah tidak terpakai kalaumemang ada, opsi selanjutnya adalah coba anda lakukan charging menggunakan charger yang berbeda, jika masih belum ada perubahan kemungkinan besar baterai android anda yang sudah tidak bagus lagi, terimakasih :)

    ReplyDelete

Terimakasih Telah Bergabung