12:07:00 pm
7
Baru saja saya selesai memperbaiki monitor Samsung 17" miliknya Bapak Toni dengan gejala kerusakan monitornya tidak bisa nyala dengan lampu indikator berkedip-kedip, saya coba lucuti satu-persatu pakaian sang monitor hahay udah kaya mau ngapain aja yah..., maksudnya saya buka kesing monitornya untuk diperiksa penyakitnya, telusur demi telusur saya lihat di blok horizontal tidak ada yang hangus, dari solderan pun saya lihat masih bagus semua..., oke lah kalo begitu memang harus di ukur pake multimeter biar ketahuan penyakitnya, saya coba ukur dan ternyata tudak ada satupun kerusakan di blok horizontal, ya.... karena saya pikir kalau TV gak mau nyala kerusakannya ada di blok horizontal, ternyata dugaanku salah..., oprek lagi satu persatu diukur dan ditelaah blok-blok yang lainnya, eh gak taunya tuh biang keroknya ada di deket trafo switch di jalur tegangan 5 volt, disana terdapat elco berukuran 1000uf/10V yang sudah melembung di bagian atasnya, hahay...., ternyata penyakitnya di sini toh.., yang membuat suplay tegangan ke IC memori jadi tidak normal, okelah langsung aja ganti yang baru tanpa banyak pikir lagi..., setelah semuanya beres kemudia saya pasang kesing monitornya dengan segala keyakinan akan berhasil.., pas monitor dinyalain huh akhirnya monitor kembali normal.
Sekian semoga bermanfaat...

7 komentar:

  1. Sangat bagus untuk referensi saya sendiri sebagai serviceman ,dan juga teman teman yang lain.

    ReplyDelete
  2. numpang tanya gan....
    Q ada monitor advance 17" mati tapi lednya kedip kedip. Q cek elko ga ada yang nggembung kira2 bagian apanya gan yang eror?
    mohon solusinya, makasih.

    ReplyDelete
  3. Maaf kepada rekan-rekan sudah lama saya tidak cek blog, terimakasih telah berkomentar

    ReplyDelete
  4. Salam, Alat copy eeprom/memori tv,dvd,monitor dll, terimakasih komentarnya semoga membantu

    ReplyDelete
  5. Salam Anonymous (Tanpa Nama), Coba di cek flyback transformernya kemungkinan, ada yang tidak beres, tapi kalau kesulitan mengukurnya coba dikanibal aja dulu dengan flyback yang sejenis, semoga membantu

    ReplyDelete
  6. makasih kang Aziz atas kunjunganya blognya kamu dah tak pajang di blog saya , semoga kita bisa sling berbagi ilmu , mana nih postinganya yg ter baru dah lama blognya ngak disentuh , tambah dong postinganya biar saling mengisi, trimakasih kang,

    ReplyDelete
  7. @Kang Ali : hehe iya ni kang baru mau mulai lagi ni, kemaren ngurusin skripsi dulu, ya kang kita berbagi pengalaman dan ilmu ya kang... :)

    ReplyDelete

Terimakasih Telah Bergabung