7:51:00 pm
12
     Salam buat semua kawan-kawan blogger dan juga dunia maya khususnya bagi para penggila riset dan teknologi..., Sudah lama saya tidak update blog saya lagi, tapi kali ini saya akan tulis sesuatu yang spesial, ini merupakan  riset dan penelitian tugas akhir kuliah saya, riset ini saya lakukan selama 3 tahun untuk mendapatkan gelar "sarjana" dan akhirnya berakhir dengan indah. Saya sangat senang dan bangga karena semua penelitian saya dan beberapa perancangan yang saya lakukan pure hasil kerja keras saya tanpa adanya campur tangan konsultan. 

     Proyek yang saya buat yaitu perancangan pembangkit tegangan tinggi DC dan pembangkit tegangan tinggi impuls yang saya implementasikan untuk pengujian tegangan tembus isolator padat dan cair serta sebagai riset lainnya, beberapa faktor lain yang membuat saya bangga dengan alat yang saya rancang ini yaitu sebagian besar komponen tegangan tingginya saya buat sendiri seperti kapasitor tegangan tinggi, resistor tegangan tinggi, dan diode tegangan tinggi. Alasan saya membuat sendiri komponen tegangan tinggi karena keterbatasan biaya sehingga saya berinisiatif untuk membuat sendiri, total biaya yang saya habiskan untuk menyelesaikan proyek ini mencapai Rp. 13.000.000,- . Kondisi ini sudah saya perhitungkan dengan hemat, andai waktu itu semua komponen tegangan tinggi tidak saya buat dan mengandalkan uang untuk membelinya proyek ini bisa tembus sekitar Rp. 35.000.000,- . Saya sangat berterimakasih kepada kedua orangtua saya yang telah memberikan support yang sangat luar biasa. Kawan-kawan dapat lihat gambar di bawah ini adalah perancangan yang telah saya buat, gambar di bawah ini adalah alat pembangkit tegangan tinggi DC, tegangan tinggi yang dihasilkan alat ini mencapai 50.000 Volt :
Pembangkit Tegangan Tinggi DC 50 kV

Berikut adalah tegangan tinggi DC yang dihasilkan:

Spark Gap High Voltage DC

Selain tegangan tinggi DC saya pun merancang pembangkit tegangan tinggi impuls. Tegangan tinggi impuls yang saya buat dapat menghasilkan tegangan puncak sebesar 500.000 Volt. Berikut adalah gambar alat pembangkit tegangan tinggi impuls yang saya buat:

Pembangkit Tegangan Tinggi Impuls 500.000 Volt

Berikut adalah tegangan tinggi impuls yang dihasilkan:

Spark Gap High Voltage Impuls 500.000 kV

Spark gap tegangan tinggi DC bisa mencapai 8 cm sedangkan spark gap tegangan tinggi impuls bisa mencapai 15 cm. Berikut adalah hasil pengujian tegangan tembus menggunakan Busbar Insulator :


Hasil Pengujian Tegangan Tembus pada Busbar Insulator


Dapat dilihat dibawah ini adalah bagian kontrol dari tegangan tinggi-nya:

Blok Kontrol Tegangan Tinggi


Mohon maaf untuk gambaran lengkapnya dan wiring diagram tidak dapat saya tampilkan karena alat saya ini belum sempat saya hak paten, saya berharap dukungan dan doa dari kawan-kawan semua semoga saya dapat sesegera mungkin melakukan hak paten untuk alat saya ini sehingga saya dapat membahas secara full.
Saya tunggu saran dan mungkin jika ada pertanyaan dari kawan-kawan blogger semua
Terima Kasih

12 komentar:

  1. slamat ya mas,,
    mga sukses slalu

    ReplyDelete
  2. trus kedepannya fungsinya buat apa Pak? :-/
    1.ioncraft
    2.plasma ion
    3.ion engine
    4.rahasia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semuanya bisa dan selebihnya masih dalam pengembangan (o)

      Delete
  3. Hi, Nice post thanks for sharing. Would you please consider adding an intro to my website on your next post? I will return the favor. Please email me back. Thanks!

    Randy
    randydavis387 at gmail.com

    Gadgets

    ReplyDelete
  4. Permisi mas, kalau boleh tahu itu yang untuk dudukan elektroda nya buat sendiri juga ya? dari bahan apa aja ya mas? terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru bales gan :)
      Iya gan ane bikin sendiri, itu untuk baseplate-nya pake akrilik gan :)
      kalo elektrodanya pake stainless steel

      Delete
  5. maaf gan.. mau tanya.. apakah sistem rangkaiannya menggunakan suatu kumparan juga ya?

    ReplyDelete
  6. maaf gan. ana ingin bertanya tentang alat yang agan buat itu, apakah sistem rangkaiannya menggunakan kumparan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya gan, pasti pake kumparan, karena dia yang berfungsi mengkonversi arus ke tegangan dan menyeseuaikan output tegangannya, kuncinya teknik gulungannya gan :)

      Delete

Terimakasih Telah Bergabung