6:46:00 am
0












     Salam sobat blogger semua, kali ini postingan saya mengenai TV Sharp Q Vision yang protect, kebetulan ini TV milik saya sendiri. Kemarin sore pas TV lagi di tonton sama adik saya tiba-tiba mati, kemudian adik saya lapor katanya TV lagi ditonton tiba-tiba mati, pas saya cek ternyata hanya layar saja yang mati tapi lampu indikator merah masih menyala. saya coba nyalain lagi pake remote sempat lampu indikator merah berubah jadi hijau lalu kemudian tak selang berapa lama hanya hitungan detik lampu indikator kembali menjadi merah dan layar sama sekali tidak terbuka. Gak pake lama langsung aja saya bongkar, secara fisik mainboard tidak melihatkan cacatnya, namun karena penasaran saya coba cek satu persatu dari mulai komponen aktif hingga pasif-nya menggunakan multimeter ternyata tidak juga ada indikasi kerusakan. tahap kedua saya coba cek elco-nya satu persatu menggunakan ESR meter, target utama saya di sekitaran area horizontal, vertical dan area sincronisasi. Ternyata benar saja pas saya ukur di area sincronisasi hampir semua elco kering dan tidak dapat terukuroleh ESR Meter serta 2 buah resistor 18 Ohm yang sudah mati. Gak pake lama semua elco dan 2 resistor 18 Ohm kering yang terdapat pada area sincronisasi saya lepas dan saya suruh adik saya untuk membeli yang baru, setelah saya ganti dengan elco yang baru TV langsung menyala normal, adik saya senyum lebar sekali. Dapat dilihat pada gambar di atas area sinkronisasi yang elconya saya ganti semua terdapat lingkar merah. Sekian pengalaman saya yang dapat saya bagikan, mungkin dapat membantu jika rekan rekan mendapatkan hal yang sama sekiranya dapat dijadikan bahan referensi.

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih Telah Bergabung