12:48:00 pm
0













     Dapet lagi orderan baru, TV temen kerja ber-mark TCL 14" gambarnya menyampit vertical atau (atas/bawah). Sebelum dibongkar coba dulu ditest kira-kira bener gak nih keluhan sang pasien hehehehe..., pas awal TV gw nyalain emang bener ternyata layarnya gak penuh, gak usah pikir panjang, berdasarkan pengalaman yang udah-udah kalo model penyakitnya begini sih biasanya masalah ada pada Block Vertical-nya. Tapi sebelum bongkar TV seperti biasa harus ada ritual khusus dulu yakni bikin kopi dan menyiapkan rokok biar tambah semangat hehehe...

      Siapkan tools dan OK langsung saja dibongkar casing belakangnya, pas casingnya gw buka... waduh debunya banyak banget sampe ada sarang laba-labanya, mantap juga ni TV :P. Abaikan casing kemudian gw fokusin pandangan gw sama mainboard-nya, eh ternyata berdebu juga, mau gak mau harus di bersihin dulu pake kuas biar bersih dan memantau kerusakannya juga enak. Setelah bersih gw coba cek di bagian Vertical-nya kira-kira ada yang abnormal atau tidak. Kalo dari segi fisik kok gw perhatiin gak ada yang abnormal, awal prediksi ya paling solderanya aja yang kendor, so langsung aja gw solder ulang khusus di block Verticalnya. Setelah semuanya udah disolder ulang terus TV gw nyalain kok gak ada perubahan juga dambarnya masih menyempit. Daripada penasaran langsung aja gw ukur satu persatu komponennya kali aja ada yang gak beres atau udah lemah, tapi dari mulai IC-nya, Resistor-nya sampe Elco-nya gw ukur juga pake ESR meter kok masih bagus semua, semakin lama jadi semakin galau ngadepin ni TV hehehe kayak ABG Alay aja pake galau segala :D. OK langkah terakhir gw urut jalur-nya satu persatu sampe ke jalur yang menuju IC utama, pas gw perhatiin kok kayak ada jamur di deket IC, gw perhatiin terus sampe gw senter biar terang terus gw perhatiin ternyata ada ELCO yang bagian kakinya udah betus, ooooh ternyata ini biang keladinya, elco tersebut berukuran 0.47 uF / 50 Volt, berdasarkan hasil analisa jamur tersebut berasal dari cairan elektrolit yang keluar dari dalam perut elco. Setelahelco gw ganti dengan yang baru dan gw coba nyalain lagi TV nya layar udah mulai kebuka agak lebar tapi masih belum terbuka penuh, akhirnya pusing lagi gw.....

       Oke sekarang inisiatif untuk cek semua komponen yang berada di area dekat elco yang rusak tadi yang masih satu jalur. Pas gw ngukur ada satu komponen yang bentuknya kayak resistor tapi kodenya kok "C", buat temen-temen yang masih awam mungkin agak bingung untuk membedakan komponen yang satu ini, kapasitor kok ada gelang warnanya mirip resistor. Setelah saya hitung berdasarkan gelang seharusnya kapasitor ini berukuran 10 nF tapi pas ane ukur pake Capacitance Meter ternyata gak ada indikasi, udah lah gak usah pikir panjang, ganti aja langsung pake kapasitor mika yang berukuran 10 nF. Setalah tuh kapasitor dipasang dan kemudian kita test TV nya. Wooooooooow mantap layar TV sekarang sudah penuh. Fyuh ternyata penyakitnya sudah dapat disembuhkan. Sebelum dipulangin tuhTV ane sita dulu buat nonton bola hehehehe. Ini dia tampilan  TV setelah diperbaiki :D











      Demikian sedikit pengalaman gw yang bisa gw share, semoga dapat membantu temen-temen semua yang memang kebetulan memiliki problem yang sama. 

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih Telah Bergabung